6 Tips Aman Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

ILUSTRASI: Seseorang yang melakukan diet (Sumber Gambar: Freepik @drobotdean/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seseorang yang melakukan diet (Sumber Gambar: Freepik @drobotdean/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idBanyak yang menganggap, berpuasa Ramadhan dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh mengalami penurunan dari biasanya.

Ada banyak diet yang berhasil menurunkan berat badan dengan cepat namun banyak sekali risikonya. Untuk menjaga berat badan Anda turun dan stabil dalam ukuran ideal, langkah terbaik yang perlu dilakukan dengan menurunkan berat badan dengan menurunkannya secara perlahan-lahan.

banyak ahli mengungkapkan cara untuk menurunkan berat badan tanpa diet adalah dengan membuat perubahan pada pola hidup. Anda dapat melakukan langkah sederhana dan tidak menyiksa untuk menurunkan berat badan Anda secara perlahan-lahan.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum beberapa tips yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan aman ketika puasa Ramadhan.

1.Tidak Melewatkan Sarapan

Sumber Gambar: Freepik @freepik

Salah satu cara menurunkan berat badan yang paling penting adalah tidak melewatkan sarapan. Makanlah dengan gizi seimbang untuk memenuhi energi dalam tubuh Anda.

Usahakan untuk selalu makan dengan nilai gizi protein dan karbohidrat seperti telur, roti panggang dengan selai kacang, yogurt tawar tanpa pemanis.

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan?

6 Cara Aman Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan

Jangan sampai Anda ingin menurunkan berat badan justru tidak sarapan pagi, hal tersebut mengakibatkan kehilangan banyak energi. Jika tidak sarapan di pagi hari pun dapat meningkatkan keinginan untuk ngemil pada siang atau malam hari yang justru menambah berat badan.

2. Menurunkan Indeks Massa Tubuh (BMI)

Sebelum memulai gaya hidup sehat, sebaiknya Anda menghitung indeks massa tubuh terlebih dahulu. Indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan apakah Anda mengalami kelebihan, kekurangan atau sudah ideal dalam berat badan.

Anda dapat mengetahui berapa banyak berat badan yang harus diturunkan untuk mencapai berat badan yang ideal. Sebagai contoh, orang yang masuk dalam kisaran obesitas, diperlukan menurunkan 5-10% berat badan awal.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Alih-alih dapat menambah berat badan, justru dapat menyingkirkan makanan yang lebih tinggi lemak dan berkalori. Gantilah camilan Anda dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga bisa memulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk sup berkaldu.

Bagaimana Cara Menjalani Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes?

Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

4. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Alih-alih minum air putih, Anda mungkin akan memilih mengonsumsi camilan manis karena merasa lapar. Perbanyaklah minum air putih, karena hal tersebut ampuh untuk menurunkan berat badan sekaligus menghindari tubuh dari dehidrasi.

Minum air putih dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga berat badan dapat turun secara alami. Dengan mengonsumsi air mineral setiap harinya, mampu mencegah lemak yang tertimbun di sekitar perut.

Selain itu, batasi konsumsi kafein seperti teh, kopi, soda dan cokelat. Sebagai pengganti air putih, Anda dapat makan buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti semangka dan melon.

5. Hindari Menerapkan Pantangan Makan

Menerapkan pantangan makan untuk menurunkan berat badan, jelas tidak direkomendasikan. Pasalnya, hal ini justru membuat produksi hormon kortisol tinggi hingga memicu terjadinya stres. Selain itu, pantangan makan juga tidak realistis dilakukan dalam jangka panjang.

Apa Saja Cara untuk Menjaga Kesehatan Kulit saat Puasa Ramadhan?

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa Ramadan

6. Rutin Berolahraga

Pola makan yang sehat tidak akan berhasil mengurangi berat badan Anda selama tidak dibarengi dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Jika Anda tidak sanggup untuk melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berolahraga ringan secara teratur mampu memudahkan berat badan Anda turun secara perlahan-lahan.

Selain itu, dengan berolahraga ringan secara teratur dapat meningkatkan otot dan mempercepat metabolisme tubuh.

Demikianlah 6 tips untuk menurunkan berat badan saat puasa Ramadhan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. How to Use Fruits and Vegetables to Help Manage Your Weight. Diakses pada 12 April 2022.

Hellosehat. 11 Cara Manjur Menurunkan Berat Badan. Diakses pada 12 April 2022.

Healthdirect. Losing Weight Guide. Diakses pada 12 April 2022.

Nourish by WebMD. Zelman, Kathleen M. 10 Ways to Lose Weight Without Dieting. Diakses pada 12 April.