5 Tips Mengatur Waktu Tidur saat Puasa Ramadhan

5 Tips Mengatur Waktu Tidur saat Puasa Ramadhan

ILUSTRASI: Wanita yang sedang tidur. (Jcomp from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSebagian besar dari kita pasti sering mengantuk saat puasa, hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan sistem dalam tubuh kamu. Selain itu, disebabkan karena kekurangan oksigen akibat tidak ada asupan, baik itu makanan atau minuman yang masuk ke tubuh kamu.

Di bulan Ramadhan, pola tidur kita juga berubah karena harus bangun dini hari untuk menyiapkan santapan sahur. Ada beberapa tips Ramadhan yang bisa kamu coba untuk mengatur waktu tidur saat Puasa Ramadhan agar kamu tidak mudah mengantuk.

  1. Mengatur kamar tidur yang nyaman
  2. Jaga kualitas tidur
  3. Sempatkan tidur siang
  4. Mengubah jam tidur malam
  5. Tidak begadang

Berikut ini merupakan penjelasan dari tips mengatur waktu tidur saat puasa Ramadhan yang perlu kamu coba agar kamu tidak mudah mengantuk.

Mengantuk saat puasa? Kamu bisa coba cara di bawah ini untuk usir rasa kantukmu

Ampuh, 5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa di Bulan Ramadhan

1. Mengatur kamar tidur yang nyaman

Sumber: pressfoto from Freepik

Tips pertama yang perlu kamu coba yaitu membuat suasana kamar tidurmu senyaman mungkin. Misalnya, menjauhkan diri dari ponsel atau laptop. Perlu diketahui, pancaran cahaya dari perangkat elektronik bisa mengurangi produksi melatonin, sehingga kamu menjadi susah tidur.

Jika kamu susah tidur, maka waktu tidurmu tidak akan maksimal karena kamu harus bangun untuk menyiapkan makan sahur. Bisa dipastikan pula, jika tidurmu tidak berkualitas. Sehingga, esok harinya kamu pun akan mudah mengantuk saat beraktivitas.

Kamu juga bisa menjadikan kamar tidurmu gelap, sejuk, tenang, dan bersih. Intinya, buatlah kamar menjadi nyaman dan bebas dari gangguan apapun.

2. Jaga kualitas tidur

Sumber: tirachardz from Freepik

Ternyata, mengatur waktu tidur saat puasa tidak hanya sekedar menghitung jumlah jam tidur, lho. Selain jumlah jam tidur, ada hal penting yang harus kamu perhatikan yaitu kualitas tidur. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kualitas tidurmu yaitu tidak makan makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori sebelum tidur.

Selain itu, kamu pun tidak cukup jika hanya tidur di tempat yang tenang dan gelap, kamu juga harus menghindari makanan asin yang bisa membuatmu merasa haus. Apakah kamu suka mengonsumsi minuman yang mengandung kafein? Sebaiknya kamu hindari dulu, agar kamu bisa cepat tidur. Lalu, esok harinya tubuhmu pun agar terasa lebih bugar.

3. Sempatkan tidur siang

Sumber: drobotdean from Freepik

Hal wajar jika kamu merasa lemas saat berpuasa, untuk mengembalikan fokus dan energimu, kamu bisa tidur siang selama 20 menit hingga 30 menit. Sebelum kamu tidur siang ada baiknya kamu mengatur alarm lebih dulu agar kamu tidak tidur berlebihan.

Durasi tidur siang selama 20 menit hingga 30 menit merupakan durasi yang cukup ideal sesuai jam istirahat yang memberikanmu manfaat tidur siang secara optimal. Apakah kamu ingin mencoba?.

4. Mengubah jam tidur malam

Sumber: tirachardz from Freepik

Apakah kamu suka jalan-jalan setelah Sholat Tarawih? Jika iya, sebaiknya kamu tidak melakukannya terlebih dahulu. Selama bulan puasa, kamu bisa langsung tidur setelah melaksanakan Sholat Tarawih atau setelah kamu tadarus Al-Qur’an.

Dengan kamu mengubah jam tidur malam selama bulan puasa, maka tubuh kamu akan terasa cukup bugar untuk bisa bangun keesokan harinya. Sehingga aktivitasmu pun akan lancar dan tidak terganggu dengan rasa kantuk yang menghampirimu.

5. Tidak begadang

Sumber: pvproductions from Freepik

Apakah kamu salah satu orang yang suka begadang?. Sebaiknya kamu kurangi dulu waktu begadangmu. Saat bulan puasa, kamu harus bangun lebih pagi karena harus menyajikan makan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak perlu begadang dan lebih baik ubah jam tidurmu agar tidak terlalu malam.

Selain itu, lebih baik kamu tidak perlu lembur saat puasa, lebih baik segera tidur setelah Sholat Tarawih atau tadarus Al-Quran, atur juga kerjamu agar lebih efisien sehingga kamu tidak menggunakan jam tidur untuk bekerja. Dengan begitu, kamu pun tidak akan mudah mengantuk dan tubuhmu tetap bugar esok harinya.

Puasa membuat kamu tidak semangat bekerja? Coba tips ini agar kamu tetap semangat kerja

Wajib Coba, Ini 5 Tips Agar Semangat Kerja di Bulan Ramadan

Itulah penjelasan dari tips-tips untuk mengatur waktu tidur saat puasa Ramadhan yang bisa kamu terapkan. Dengan kamu mengatur waktu tidur, maka kamu tidak akan mudah mengantuk dalam mengerjakan aktivitasmu dan kamu akan tetap bugar meskipun sedang berpuasa. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)