5 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Jepara

5-Rekomendasi-Objek-Wisata-Religi-di-Jepara

WISATA: Masjid Mantingan salah satu objek wisata religi di Jepara. (Instagram @rezza.pict/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSelain memiliki keindahan wisata alam yang luar biasa, ternyata Kota Jepara memiliki beberapa lokasi wisata religi. Di mana objek wisata religi di Jepara ini cukup bersejarah.

Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Jepara, kurang pas rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa wisata religi di Jepara yang direkomendasikan.

Berikut ini ada beberapa objek wisata religi di Jepara yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, di antaranya:

1. Makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat

Sumber: gmaps/fuad kencer

Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat merupakan penguasa pertama Kota Jepara. Keduanya merupakan pasangan suami istri yang diberikan mandate oleh kesultanan kerajaan Islam Mataram untuk memimpin Kota Jepara kala itu.

Makam ini rama dikunjungi oleh para peziarah baik dari luar Kota Jepara maupun warga asli Jepara. Biasanya bagi warga Jepara yang hendak pergi ziarah Wali Songo, kurang afdhol rasanya jika tidak menyempatkan untuk berziarah ke makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat. Lokasi objek wisata religi ini ada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

2. Masjid Mantingan Jepara

Sumber: Dok. Kemendikbud

Masjid Mantingan merupakan salah satu pusat aktivitas penyebaran agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa dan merupakan masjid kedua setelah Masjid Agung Demak. Konon, pengawas pekerjaan pembangunan masjid ini adalah Babah Liem Mo Han. Masjid Mantingan sebagai salah satu konsep masjid makam keraton, karena disanalah disemayamkan Sultan Hadlirin pada tahun 1559 dengan sengkala Rupa Brahmana Warna Sari.

Dinding luar dan dalam masjid dihiasi dengan piring tembikar, sedangkan dinding tempat imam dan khatib dihiasi relief-relief. Masjid Mantingan ini terletak di Jalan Raya Sultan Mantingan, Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

3. Makam Syekh Abu Bakar Pulau Panjang

Sumber: Facebook/@afif.alazam

Habib Abu Bakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Ba’alawi merupakan wali Allah yang dimakamkan di Pulau Panjang. Pulau Panjang merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pantai Kartini.

Makam Syekh Abu Bakar tersebut semakin ramai dikunjungi wisatawan peziarah semenjak digelar haul yang diinisiasi oleh Habib Lutfi Pekalongan pada tahun 2021. Lokasi objek wisata ini tepat berada di Pulau Panjang, Ujung Batu, Kabupaten Jepara.

4. Makam Syekh Amir Hasan

Sumber: Pesona Nusantara

Syekh Amir Hasan disebut juga Sunan Nyamplungan . Beliau merupakan Wali Allah putra dari Sunan Muria dan santri dari Sunan Kudus. Berdasarkan cerita, Syekh Amir Hasan menyiarkan agama Islam dengan damai dan teduh sehingga penduduk Karimunjawa era abad 15 atau 16 Masehi hingga sekarang secara turun temurun beragama Islam.

Selain itu, charisma dan karomah yang beliau miliki mampu mempersatukan enam suku di Pulau Karimunjawa hingga hidup rukun dan damai. Keenam suku tersebut antara lain Bugis, Madura, Jawa, Buton, Bajo, dan Mandar. Lokasi makam Syekh Amir Hasan berada di Desa Nyamplungan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

5. Makam Citrosoman

Sumber: Facebook/@syeh.jangkung.1656

Makam Citrosoman terletak di Desa Sendang, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Komplek makam Citosoman merupakan kompleks pemakaman Bupati Jepara keturunan Hadipati Citrosoman I, beliau merupakan Bupati Jepara pertama yang memerintah pada tahun 1708 hingga 1742.

Komplek makam Citrosoman terdiri dari tiga bagian. Halaman pertama terletak disebelah selatan dan tidak ditemukan makam. Halaman kedua terletak di sebelah utara yang terdapat makam kuno yang tidak diketahui identitasnya dan digunakan untuk pemakaman kerabat Citrosoman. Sedangkan Halaman ketiga terletak di bagian paling utara, halaman ini merupakan halaman utama dan satu-satunya makam yang memiliki cungkup. Pada cungkup ini terdapat makam tokoh ulama yaitu R. Hadipati Hario Citrosoman I.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata religi di Jepara yang bisa kamu kunjungi, ketika kau sedang berada di Kota Jepara. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)