10 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Demak

5-Rekomendasi-Objek-Wisata-Religi-di-Demak

WISATA: Masjid Agung Demak, salah satu objek wisata religi di Demak. (Dok. Dinas Pariwisata Demak/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id Ketika kamu berkunjung ke Kota Demak, belum lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke beberapa wisata religi di Demak. Kota Demak seakan-akan tidak pernah dilewati oleh para peziarah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata religi di Kota Wali ini.

Seperti yang kita tahu, Demak kental dengan sejarah penyiaran Islam di Pulau Jawa. Kota Demak ini bahkan dijuluki sebagai Kota Wali karena kaya jejak akan peninggalan Wali Songo atau Wali Sembilan yang aktif berdakwah pada masa awal penyiaran Islam di Pulau Jawa.

Berikut ini ada beberapa objek wisata religi di Demak yang bisa kamu kunjungi, yaitu:

1. Makam Raja-Raja Demak

Sumber: Dok. Dinas Pariwisata Demak

Rekomendasi objek wisata religi di Demak yang pertama adalah makam raja-raja Demak. Di sana kita bisa ziarah ke makam raja-raja Demak beserta dengan para abdi raja. Nama-nama raja Demak yaitu Raden Patah, Raden Pati Unus, dan Raden Trenggono. Di sana juga terdapat makam pangeran dan istri raja.

Makam raja-raja Demak ini tepatnya berada di Kauman, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Lokasi makam raja-raja Demak masih berada di satu lokasi yang sama dengan Museum Masjid Agung Demak.

2. Makam Sunan Kalijaga

Sumber: Official Website Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga berada di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Biasanya, area Makam Sunan Kalijaga ramai akan peziarah pada saat Penjamasan Rompi Ontokusumo dan Keris Kyai Carubug, Prosesi Ancakan, dan Ruwatan.

Kunjungan peziarah juga ramai pada bulan-bulan tertentu, seperti Bulan Rajab, Ruwah, Syaban, dan Syawal. Salah satu yang kerap ditunggu para peziarah adalah jadwal buka area cungkup Makam Sunan Kalijaga.

3. Masjid Agung Demak

Sumber: Gmaps/S Sulilatama

Masjid Agung Demak merupakan masjid kuno yang dibangun oleh Raden Fatah dari Kerajaan Demak. Konon, pendirian masjid tersebut dibantu oleh para Walisongo abad ke-15 Masehi. Masjid ini termasuk ke dalam salah satu jajaran Masjid tertua di Indonesia.

Bentuk dari Masjid Agung Demak berbentuk Limas atau Joglo seperti bangunan rumah khas Jawa. Namun bersusun 3. Bagian pintu Masjid sendiri bermotif naga atau biasa disebut dengan istilah Pintu Petir atau Pintu Bledek. Masjid Agung Demak terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak.

4. Makam Mbah Panji Kusumo

Sumber: Gmaps/Ira Eliatika

Makam Mbah Panji Kusumo berada di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Konon, Mbah Panji Kusumo disebut sebagai tokoh dibalik berdirinya Desa Bungo. Beliau datang dari Jawa Timur lalu menetap di daerah tersebut.

Dalam rangka memperingati haul Mbah Panji Kusumo, biasanya diadakan tradisi Syawalan Desa Bungo. Salah satunya yaitu Kirab Budaya Panji Kusuman. Tradisi ini dilakukan dengan mengarak hasil bumi yang diselingi pertunjukan kesenian dari Balai Desa menuju makam Mbah Panji Kusumo.

5. Makam Syekh Mudzakir

Sumber: Gmaps/Ulil Albab

Salah satu karomah yang diberikan Allah SWT kepada Syekh Abdullah Mudzakir adalah Makamnya yang tidak terendam air laut, padahal berada di Pantai Sayung Demak. Bahkan makam beberapa anggota keluarganya terdiri dari istri dan anak-anaknya juga tidak terendam air laut. Sehingga makam Syekh Abdullah Mudzakkir dan keluarganya tersebut dianggap keramat lantaran tidak terkikis dan tenggelam diterjang pasang surut air laut.

Jika kamu ingin berziarah menuju Makam Syekh Mudzakir, makan kamu harus berjalan sepanjang 700 meter yang di samping kanan dan di samping kiri terdapat air laut. Makam Syekh Mudzakir berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

6. Museum Masjid Agung Demak

Sumber: Website NU Online Jateng

Museum Masjid Agung Demak terletak persis di sebelah masjid Agung Demak. Berbagai koleksi bersejarah terkait Masjid Agung Demak serta Kesultanan Demak ada dalam museum.

Peninggalan Wali Songo yang begitu populer di museum adalah bagian-bagian dari soko guru yang asli. Soko guru sendiri merupakan tiang utama Masjid Agung Demak dari empat Wali Songo, yaitu Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga dengan soko tatalnya.

Koleksi lainnya yang tak kalah menarik adalah pintu bledeg atau pintu petir yang asli buatan Ki Ageng Selo.

Selain itu wisatawan juga bisa melihat koleksi lain di museum, seperti bedug Wali abad XV, kentongan, gentong Putri Campa, foto-foto yang menggambarkan sejarah pembangunan masjid dan masih banyak lagi.

7. Makam Sultan Raden Fatah

Sumber: Website Wisata Demak

Raden Fatah merupakan orang yang pertama kali mendirikan kerajaan Demak yang dibantu dengan para wali sebagai penasehatnya. Beliau menjadi Raja kerajaan Demak pada tahun 1500-1518 M.

Raden Fatah lahir pada tahun 1455 M di Palembang dan meninggal pada tahun 1518 M di Demak dan di makamkan di belakang Masjid Agung Demak.

Lokasi tempat makam beliau dengan masjid Agung Demak itu masih dalam satu lokasi yakni berdampingan.

8. Makam Mbah Jago

Sumber: YouTube Fahrudin Yusuf

Belum banyak orang yang tahu tentang makam Mbah Jago. Makam Mbah Jago terletak di Desa Wringin Jajar, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Nama asli beliau adalah Mbah Sodiq.

Konon diceritakan bahwa beliau masih keturunan dari Ki Ageng Pandanaran II yang ada di Kabupaten Klaten.

9. Makam Mbah Hadi Girikusumo

Sumber: YouTube Fahrudin Yusuf

Rekomendasi objek wisata religi di Demak selanjutnya adalah Makam Mbah Hadi Girikusumo. Ada banyak nama yang disemangatkan kepada beliau, salah satunya adalah Ki Ageng Giri. Makam beliau terletak di Makam Kasepuhan Girikusumo Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

Ki Ageng Giri atau Mbah Hadi bergaris keturunan dengan Sunan Pandanaran I yang ada di Semarang. Beliau menandai awal dakwahnya dengan mendirikan Masjid Baitussalam.

10. Makam Mbah Ibrohim Brumbung

Sumber: YouTube Fahrudin Yusuf

Rekomendasi objek wisata religi di Demak yang terakhir adalah Makam Mbah Ibrohim Brumbung. Mbah Ibrohim Brumbung merupakan salah satu ulama yang juga cucu Sunan Terboyo atau Raden Suro Hadi Menggolo yang makamnya berada di belakang Masjid Terboyo, Semarang.

Diceritakan bahwa, beliau belajar dan berguru tentang ilmu Toriqoh kepada Abdul Karim Al-Bantani di Mekkah.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata religi di Demak. Dari beberapa wisata religi di atas mana yang akan kamu kunjungi?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version