5 Minuman Herbal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

5-Minuman-Herbal-untuk-Jaga-Daya-Tahan-Tubuh-di-Musim-Pancaroba

ILUSTRASI: Jamu kunyit asam, salah satu minuman herbal untuk jaga dayan tahan tubuh. (Canva/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Memasuki musim pancaroba, biasanya membuat sejumlah orang mengalami sakit. Terlebih bagi kamu yang mempunyai sistem imun yang lemah.

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit yang sering muncul di musim pancaroba adalah dengan menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini ada beberapa minuman herbal untuk jaga daya tahan tubuhmu di musim pancaroba.

Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Cegah Flu di Musim Pancaroba

1. Jamu kunyit asam

Minuman herbal yang pertama adalah jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam mengandung vitamin C dan Kurkumin. Kandungan vitamin C pada jamu kunyit asam, dapat mencegah sariawan dan membantu menjaga kekebalan tubuh.

Sedangkan kandungan kurkumin berkhasiat sebagai anti bakteri, anti radang, atau antioksidan. Jadi, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam sangat bermanfaat untuk tubuh kamu.

2. Wedang jahe

Minuman herbal yang kedua adalah wedang jahe. Jahe mempunyai kandungan seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc.

Komponen aktif utama dalam jahe adalah gingerol, yang berperan menciptakan aroma dan rasa khas. Di mana gingerol merupakan senyawa antiimflamasi yang kuat dan dapat membantu meringankan rasa sakit.

Selain untuk membuat tubuh kamu lebih hangat, jahe juga mengandung minyak atsiri yang digunakan untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan menangkan radikal bebas. Tentunya, wedang jahe akan membantu untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

3. Wedang uwuh

Minuman herbal ketiga adalah wedang uwuh.  Wedang uwuh merupakan salah satu jenis minuman herbal yang sejak lama dipercaya punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Wedang uwuh terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, cengkeh, pala dan daun pala, daun secang, serta kayu manis. Rasa manis dari wedang uwuh didapat dari gula batu. Sedangkan warna merahnya yang khas, muncul karena sari daun secang.

4. Lemon Madu

Minuman herbal yang keempat adalah lemon madu. Minum air perasan lemon yang diseduh dengan air hangat dan dicampur madu merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh.

Lemon mengandung bioflavonoids yang termasuk antioksidan. Lemon juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan flu, masalah pendengaran, dan masalah batu ginjal. Selain itu, lemon mampu melancarkan buang air kecil.

Sedangkan madu diketahui punya manfaat untuk menyembuhkan alergi, batuk, asma, diare, dan masalah pencernaan lain.  Oleh karena itu, minum air campuran madu dan lemon bisa untuk menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba.

5. Teh kayu manis

Minuman herbal kelima adalah teh kayu manis. Mengonsumsi ekstrak kayu manis dapat menurunkan peradangan sehingga membuat gejala rheumatoid arthritis jadi lebih baik.

Mengonsumsi kayu manis juga diketahui dapat menurunkan kolesterol LD dan trigliserida. Selain itu, kayu manis juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga teh kayu manis cocok dikonsumsi di musim pancaroba.

Itulah lima minuman herbal untuk jaga daya tahan tubuh kamu di musim pancaroba. Namun, kamu harus tetap jaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, ya. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version