5 Makanan Ajaib yang Bisa Tunda Penuaan Kulit pada Wajah

5 Makanan Ajaib yang Bisa Tunda Penuaan Kulit pada Wajah

ILUSTRASI: Kulit wajah perempuan yang belum mengalami tanda penuaan karena mengonsumsi makanan sehat. (lifeforstock from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Memiliki kulit yang halus, cerah, sehat, dan bebas kerutan merupakan dambaan bagi setiap perempuan. Oleh karena itu, banyak perempuan yang melakukan perawatan dari luar dan dalam untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Namun faktanya, mencegah penuaan dini pada kulit bukan hal yang mudah. Stres, polusi, dan paparan sinar UV bisa menjadi penyebab kulitmu akan lebih cepat menua.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan ajaib ini. Selain sehat, 5 makanan ini bisa membantu menunda penuaan kulit pada wajah, yaitu

Mencegah penuaan kulit pada wajah bisa juga dengan menggunakan skin care yang mengandung anti aging

5 Kandungan Skincare yang Ampuh untuk Cegah Penuaan
1. Pisang
Sumber: Azerbaijan-stockers from Freepik

Pisang mengandung minyak alami serta potassium untuk membersihkan pori-pori dan permukaan kulit. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin B, vitamin E, vitamin A, vitamin C, dan mineral untuk menjaga kekencangan kulit. Selain bisa kamu konsumsi, pisang juga bisa kamu gunakan sebagai masker wajah.

2. Alpukat
Sumber: Stockking from Freepik

Buah yang lezat ini berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, karena alpukat kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit kamu tetap kenyal, cerah, dan jauh dari keriput.

3. Pepaya
Sumber: Jcomp from Freepik

Pepaya mengandung Enzim papain yang bisa membantu mencegah kerutan dengan sangat baik. Nutrisi lainnya yang ada pada pepaya yaitu vitamin B, vitamin K, vitamin E, vitamin A, magnesium dan potassium. Jika kamu ingin mencegah penuaan pada kulitmu, kamu bisa mengonsumsi makanan ajaib salah satunya pepaya.

4. Tomat
Sumber: Azerbaijan-stockers from Freepik

Selain pisang, alpukat, dan pepaya kamu juga bisa mengonsumsi tomat untuk membantu menunda terjadinya penuaan pada kulit. Selain vitamin C, tomat kaya akan likopen. Likopen merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

5. Anggur
Sumber: Azerbaijan-stockers from Freepik

Kandungan antioksidan dan polifenol yang ditemukan dalam anggur dapat berperan dalam mencegah penuaan dini. Polifenol ditemukan di setiap bagian dari anggur, baik itu kulit anggur, daging anggur dan biji anggur serta ada di dalam anggur dari semua warna yaitu anggur warna merah, anggur warna hijau, dan anggur warna hitam.

Ternyata, penuaan kulit punya fakta menarik

5 Fakta Menarik tentang Penuaan Kulit

Dari ke-5 makanan ajaib tersebut, mana yang paling kamu suka? Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ajaib diatas untuk menunda penuaan kulit pada wajah. (Lingkarjateng | Shinta – Lingkarjateng.id)