5 Kiat Agar Anda Tidak Suntuk Meski Tugas Menumpuk

ILUSTRASI: Suntuk (Sumber Gambar: Freepik @wayhomestudio/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Suntuk (Sumber Gambar: Freepik @wayhomestudio/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idPernahkah Anda mengalami suntuk dan kewalahan ketika tugas kian menumpuk dan tak kunjung selesai? Anda mungkin merasa pusing karena harus mengerjakan banyak hal secara bersamaan sekaligus, tapi kesulitan dalam mengatur waktu hingga akhirnya tidak bisa selesai tepat waktu.

Berikut ini, Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda 5 kiat agar Anda tidak mengalami suntuk meski tugas semakin menumpuk.

1. Buat Skala Prioritas

Cobalah untuk bertanya pada diri Anda sendiri, hal apa yang perlu Anda selesaikan lebih awal? Tugas mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Kedua pertanyaan tersebut akan membantu untuk menentukan urutan prioritas dari masing-masing tugas.

Hal yang sifatnya sangat mendesak, misalnya seperti tugas yang akan segera dikumpulkan, tentu akan masuk ke dalam prioritas tertinggi sehingga Anda perlu untuk mengerjakan di awal. Begitu pun sebaliknya, dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak, Anda bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai.

Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari, atau di malam sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes yang ada di ponsel, menulis secara manual di jurnal harian atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas.

Jangan sampai terbalik atau tertukar dalam menyusun skala prioritas, supaya Anda dapat mengerjakan semua tugas dengan waktu yang cukup dan tidak tergesa-gesa.

2. Jangan Mudah Terdistraksi

Cobalah Anda untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang membuat Anda terdistraksi dan kehilangan fokus. Misalnya, bunyi notifikasi ponsel yang membuat Anda tergoda untuk membukanya, suara bising yang menyebabkan Anda kesulitan untuk fokus atau keadaan sekitar seperti kehadiran orang lain di sekitarmu. Setelah itu, berusahalah untuk menghindari segala distraksi tersebut.

Anda harus bersikap tegas dengan diri sendiri. Mungkin Anda berpikir tak ada salahnya melihat notifikasi sebentar saja, tapi secara tidak sadar Anda jsutru membuka media sosial (medsos) selama berjam-jam. Jadi, ada baiknya untuk mengatur ponsel Anda dalam mode sunyi atau bahkan simpan saja ponsel Anda di tempat yang jauh dari jangkauan.

Ingat juga, Anda bisa mengerjakan tugas dengan fokus. Anda bisa menyelesaikannya dan dengan begitu Anda bisa melakukan apapun setelahnya dengan bebas.

3. Buat Situasi Nyaman

Selain menghindari distraksi, mewujudkan situasi yang nyaman juga bisa menunjang performa agar lebih fokus. Anda bisa menata ruangan dengan rapi, menggunakan meja dan kursi yang nyaman, mengatur suhu ruangan yang sejuk serta menyaipkan minum dan camilan supaya semakin betah berlama-lama mengerjakan tugas.

Kalau Anda termasuk orang yang semakin produktif saat mendengarkan musik, maka tidak ada salahnya mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Bahkan dikutip dari situs 7Pace, beberapa studi menyebutkan bahwa musik mempengaruhi produktivitas secara tidak langsung.

Musik dapat membuat mood menjadi lebih baik, menghindari rasa bosan dan meningkatkan fokus. Perlu dicatat bahwa tidak semua musik memiliki efek yang sama. Beberapa orang justru terganggu dengan musik yang memiliki lirik.

4. Istirahat

Ketika tubuh dan pikiran sudah mulai lelah, sebaiknya Anda jangan terlalu memaksakan diri. Ambil waktu istirahat agar energi dan semangat dapat terisi kembali, sehingga tugas-tugas yang perlu dikerjakan dapat selesai secara optimal.

Teknik Pomodoro menjadi solusi untuk produktivitas yang lebih efektif dengan istirahat yang cukup. Dalam teknik ini, terdapat 25 menit untuk mengerjakan tugas, belajar atau bekerja yang disebut dengan jendela rumah. Kemudian, terdapat interval waktu di mana Anda boleh istirahat sekitar 3-5 menit. Anda bisa menggunakan waktu ini untuk minum, stretching atau ke toilet.

5. Jadikan Fokus Sebagai Gaya Hidup

Boleh-boleh saja untuk melakukan hal-hal kurang penting, asalkan tahu batasannya. Jangan sampai waktu dan energi terbuang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat di kemudian hari.

Dengan melatih diri untuk disiplin dalam mengerjakan seluruh kewajiban serta pandai mengatur waktu, lama-kelamaan Anda akan terbiasa untuk menjalani keseharian dengan fokus.

Demikianlah 5 kiat agar Anda tidak mudah suntuk meski tugas kian menumpuk. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version