5 Cara Sederhana Sampaikan Kasih Sayang pada Orang Tua

ILUSTRASI: Kasih sayang anak kepada orang tua. (Freepik @odua/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Kasih sayang anak kepada orang tua. (Freepik @odua/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idCinta dan kasih sayang orang tua yang kita terima, sudah ada saat pertama kali kita menarik napas untuk pertama kalinya di dunia ini.

Rasa cinta dan kasih sayang tersebut juga pasti akan terus kita terima hinga maut memisahkan. Sebagai anak, tentu kita memiliki keinginan untuk membalas rasa cinta dan sayang yang diberikan orang tua pada kita, bukan? Setidaknya, itu yang tertanam dalam sanubari anak.

Namun, pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang kesulitan untuk menunjukkan rasa sayang tersebut. Paling umumnya, kita hanya bisa mengatakan bahwa kita sayang pada orang tua pada ucapan di momen-momen tertentu maupun status di media sosial. Padahal, untuk menunjukkan rasa sayang pada orang tua tidak melulu pada ucapan ataupun status di media sosial saja.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum 5 cara sederhana menyampaikan kasih sayang kepada orang tua.

1. Patuh

Patuh, merupakan satu kata yang sederhana diucapkan, namun terkadang sulit untuk untuk dilaksanakan. Pada dasarnya, orang tua akan senang jika memiliki anak yang penurut.

Meski telah beranjak dewasa, seorang anak di mata orang tua tetaplah sosok yang perlu mendapatkan bimbingan melalui tutur ucapnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mematuhi perkataan orang tua.

2. Tidak Memaksakan Kehendak pada Orang Tua

Selain menunjukkan kepatuhan, salah satu hal paling simpel yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua adalah dengan cara tidak memberikan tekanan atas apa yang Anda inginkan.

Sederhananya, Anda tidak memaksakan keinginan Anda pada orang tua, apalagi sampai merengek dan mengancam jika tidak dituruti akan menambah beban pikiran orang tua.

3. Tunjukkan Prestasi

Perlu digarisbawahi, prestasi yang dimaksud tidak terbatas pada prestasi akademik saja, tetapi dalam hal pencapaian lainnya. Misalnya, Anda juara kompetisi musik, game, lulus kerja atau naik jabatan di tempat Anda bekerja.

Dengan menunjukkan hal tersebut, orang tua akan merasa bangga dan berhasil mendidik anak-anaknya untuk menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi orang lain.

4. Memberikan Hadiah

Memberikan hadiah pada orang tua secara tidak langsung berarti Anda sudah berterima kasih pada mereka atas kerja kerasnya untuk merawat Anda dari kecil hingga dewasa. Tidak perlu memberi hadiah mahal-mahal.

Hadiah sekecil sekalipun yang diberikan pada mereka, terlebih pada hari spesial keduanya, sudah barang tentu akan membawa senyum bahagia bagi keduanya. Hal tersebut nampaknya cukup menggambarkan rasa sayang Anda kepada orang tua, bukan?

5. Selalu Membantu Orang Tua

Ingtalah ketika orang tua mendidik dan membesarkan Anda sampai sekarang ini. Memang, jasa orang tua tak akan tergantikan sampai kapanpun. Akan tetapi, tak ada salahnya bagi seorang anak untuk siap membantu orang tua dan memberikan pertolongan terlebih di saat fisik mereka tak lagi prima.

Demikianlah, 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyampaikan kasih sayang kepada orang tua. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version