5 Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi di Internet

Rawan-Dibobol,-Ini-Cara-Menjaga-Keamanan-Data-Pribadi-di-Internet

ILUSTRASI: Rutin ganti password, salah satu cara menjaga keamanan data pribadi di internet. (rawpixel from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Saat kita menggunakan berbagai macam aplikasi seperti aplikasi online shop dan keuangan, tentu selalu memerlukan data pribadi pengguna. Apabila kita tidak hati-hati, maka para penjahat digital akan dengan mudah menyalahgunakan data yang kamu berikan. Oleh karena itu, kita membutuhkan cara untuk menjaga keamanan data pribadi di internet.

Perlindungan privasi di internet sangatlah penting. Sebab, saat ini banyak dijumpai kasus kebocoran data pribadi. Selain data pribadi, profil bahkan aktivitas kamu juga bisa dilacak, lho.

Untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan, kita perlu menjaga data pribadi agar dapat melindungi diri dari kejahatan digital. Berikut ini ada beberapa cara menjaga keamanan data pribadi di internet, yaitu:

1. Transaksi hanya dengan aplikasi terpercaya

Cara menjaga keamanan data pribadi di internet yang pertama adalah pastikan kamu transaksi hanya dengan aplikasi terpercaya. Saat kita mulai mengakses aplikasi keuangan atau online shop bahkan media sosial, kita harus memastikan data pribadi apa saja yang kita cantumkan pada aplikasi yang akan kita gunakan. Kita juga harus memastikan bahwa data yang kita bagikan tidak berbahaya.

Misalnya, kita akan melakukan transaksi melalui e-commerce melalui kartu kredit. Pasti yang diminta adalah informasi kartu kredit bukan tentang pin kartu tersebut. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dan pastikan informasi pribadi yang kita bagikan sesuai dengan konteks yang dibutuhkan.

2. Rutin ganti password

Cara menjaga keamanan data pribadi di internet yang kedua adalah rutin ganti password. Nah, apakah kamu salah satu orang yang suka menggunakan password yang sama di beberapa aplikasi?. Mulai sekarang, ubah password-mu. Lebih baik, gunakan password yang berbeda di setiap aplikasi dan jangan lupa rutin ganti password, ya.

3. Periksa perizinan akses aplikasi

Cara menjaga keamanan data pribadi di internet yang ketiga adalah memeriksa perizinan akses aplikasi. Kita perlu hati-hati saat mengizinkan aplikasi baru untuk mengakses data dalam ponsel. Jangan sampai kita sebagai pengguna aplikasi mengabaikan notifikasi perizinan dari aplikasi saat pertama kali kita install. Untuk itu, kita bisa melakukan setting akses melalui pengaturan ponsel.

4. Baca syarat dan ketentuan aplikasi

Sebagian besar orang pasti jarang membaca syarat dan ketentuan aplikasi, padahal membaca syarat dan ketentuan aplikasi merupakan salah satu cara menjaga keamanan data. Kebanyakan dari kita pasti langsung klik setuju dan install, bukan?. Menurut Operation Manager British Standart Institution, Samsi Herawati, di dalam term and condition terdapat banyak sekali informasi perizinan dari aplikasi yang kamu install, yang terkadang kita sering melewatkan untuk membacanya. Ia menyarankan, agar kita tidak malas membaca dan tidak buru-buru menyetujui syarat dan ketentuan aplikasi yang digunakan.

5. Aktivasi otentikasi dua faktor

Selain keempat cara di atas, kita juga bisa mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk melindungi data kita. Cara menjaga keamanan data yang kelima ini, akan melindungi kata sandimu jika disusupi dengan cara apapun. Otentikasi dua faktor memerlukan kode di luar kata sandi untuk masuk ke akun tertentu. Biasanya berupa kode yang dikirimkan kepadamu melalui SMS atau E-mail.

Dengan mengetahui beberapa cara menjaga keamanan data pribadi di internet, kamu bisa lebih menjaga diri di dunia maya. Pastikan semua data-data yang kamu miliki tersimpan dengan aman dan tetaplah berhati-hati dengan kejahatan siber (Cyber crime). (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)