4 Gerakan Olahraga Ini Bantu Perbaiki Postur Tubuh Anda

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang melakukan gerakan plank pose. (Freepik @prostock-studio/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang perempuan sedang melakukan gerakan plank pose. (Freepik @prostock-studio/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan, tanpa disadari, bisa menyebabkan postur tubuh menjadi lebih buruk. Misalnya aktivitas pekerjaan kantor yang mayoritas dilakukan dalam posisi duduk, postur duduk yang buruk tidak hanya bisa membuat sakit punggung tapi lama-kelamaan bisa menyebabkan postur tubuh membungkuk. Tak hanya posisi duduk, saat berjalan, menggunakan handphone, bahkan posisi tidur pun bisa membuat postur tubuh memburuk.

Untuk menjaga postur tubuh tetap baik, ada beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa dilatih secara terus menerus.

Warrior pose

Warrior pose adalah salah satu gerakan dalam olahraga yoga. Gerakan ini menuntut kekuatan untuk menjaga postur tulang punggung selalu tegak. Warrior pose bermanfaat untuk meregangkan otot punggung, pinggang, dan bahu dalam satu waktu.

Mulai membentuk warrior pose dengan berdiri tegap sambil kedua kaki rapat. Kemudian majukan kaki kiri sejauh yang bisa dicapai kaki lalu turunkan badan secara perlahan agar kaki depan tertekuk hingga membentuk sudut 90 derajat. Angkat tangan lurus ke atas hingga segaris sejajar dengan punggung.

Selanjutnya, seret kaki kanan ke belakang sejauh yang bisa dicapai, pastikan posisi lutut lurus sejajar. Tahan warrior pose selama 20 detik, lalu naikkan tubuh ke posisi awal. Lakukan rangkaian gerakan ini secara bergantian dengan kaki berikutnya.

Plank pose

Posisi plank juga bisa menjadi salah satu gerakan yang bisa dicoba untuk menjaga postur tubuh tetap baik. Selain membantu menjaga postur tubuh, plank pose juga bisa membantu mengencangkan otot perut agar tidak buncit.

Mulai pose ini dengan berbaring tengkurap dan luruskan kaki ke belakang. Kemudian dorong kedua lengan ke atas hingga lurus sempurnan untuk mengangkat dan menopang tubuh Anda di udara. Pada posisi ini, pastikan hanya telapak tangan yang menyentuh lantai atau matras. Jaga agar posisi kepala, leher, punggung, bokong, sampai kaki tetap lurus. Kemudian tahan posisi plank ini hingga 30-60 detik.

Mountain pose

Posisi mountain pose akan melatih tubuh untuk bisa berdiri tegap sempurna. Gerakannya pun gampang. Cukup dengan berdiri santai dan kedua kaki dirapatkan. Tarik dan jatuhkan bahu ke belakang dan membusungkan dada ke depan. Biarkan lengan menggantung di samping badan dengan siku sedikit ditekuk dan telapak tangan menghadap ke depan.

Kemudian, panjangkan leher ke atas, jaga posisi kepala tetap tegak lurus dengan pandangan fokus ke depan. Rasakan punggung mengencang saat melakukannya hingga tulang punggung benar-benar lurus. Tahanlah posisi ini selama beberapa saat sembari ambil 5 -10 kali tarikan napas dalam dan pelan.

Cobra pose

Cobra pose juga disebut dengan upward facing dog. Pose ini bermanfaat membuka bahu dan dada serta memperkuat tulang belakang. Gerakan ini dilakukan dengan mengikuti pose ular kobra. Mulai dengan berbaring tengkurap, angkat bagian tubuh atas secara perlahan menggunakan bantuan tangan. Lalu busungkan dada dan arahkan pandangan ke depan. Jangan biarkan paha, lutut, dan pinggang menyentuh lantai atau matras. Jaga pose tersebut dengan lengan lurus dan telapak tangan menempel pada lanti. Tahan posisi ini selama 30-60 detik dan ulangi beberapa kali.  

Keempat pose yoga di atas sangat bagus untuk membantu menjaga postur tubuh tetap baik jika dilakukan secara rutin dan tidak berlebihan. Selamat mencoba. (Lingkar Network | Ulfa – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Setiaji, Bamandhita Rahma. (2020) Hellosehat: 6 Gerakan Yoga Terbaik untuk Memperbaiki Postur Tubuh. Diakses pada 14 September 2022 dari https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/yoga-memperbaiki-postur-tubuh/

Exit mobile version