KENDAL, Lingkarjateng.id – Keberhasilan pelayanan publik di Kabupaten Kendal patut diapresiasi. Dengan nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) 4,44, Kabupaten Kendal meraih penghargaan kategori A (Prima) dari Kemenpan RB.
Hal ini membuktikan bahwa Pemkab Kendal telah melakukan upaya signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pj Sekda Kendal, Agus Dwi Lestari melalui Plt. Kabag Organisasi, M. Fadlulloh mengatakan, penghargaan ini merupakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik (PEKPPP) oleh Kemenpan RB.
Hasil dari PEKPPP ini adalah indeks Pelayanan Publik, tahun 2024 lokusnya ada 3, yaitu RSUD H. dr. Soewondo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Sosial (Dinsos).
“RSUD dr. H Soewondo dan Dispendukcapil mendapatkan IPP kategori Prima. Sedangkan untuk Dinsos mendapatkan IPP kategori Sangat Baik,” ujarnya, Sabtu, 17 Mei 2025.
Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kendal, Ratna Mustikaningsih mengatakan, bahwa penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenpan RB menjadi motivasi bagi Dispendukcapil Kendal untuk terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan.
“Penghargaan ini menjadi support bagi kami Dispendukcapil Kendal untuk terus meningkatkan pelayanan adminduk,” ujarnya.
Dirinya juga menekankan pentingnya inovasi pelayanan untuk membahagiakan masyarakat dan menjawab kebutuhan masyarakat seiring perkembangan zaman.
“Yang tujuannya membahagiakan masyarakat dengan berbagai inovasi pelayanan yang telah disediakan,” tambahnya.
Ia mengucapkan terima kasih kepada stakeholder dan masyarakat Kabupaten Kendal atas dukungan yang diberikan untuk meningkatkan pelayanan publik.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kendal, Muntoha menjelaskan, untuk pelayanan masyarakat yang ada di Dinsos Kendal, diantaranya pelayanan adopsi, rehabilitasi sosial, pendaftaran BPJS Kesehatan, Jamkesda, dan pelayanan lainnya.
“Dengan mendapat penghargaan ini, tentunya kedepan akan lebih memotivasi Dinas Sisoal untuk selalu melakukan perbaikan dan evaluasi terkait dengan pelayanan publik, yang sudah baik akan terus ditingkatkan dan yang kurang baik akan terus diperbaiki,” ujar Muntoha.
Disisi lain, Direktur RSUD dr H Soewondo Kendal, dr Saikhu mengatakan, dengan penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dalam melayani dan mengabdi kepada masyarakat Kendal.
“Tentunya dengan penghargaan yang diraih akan terus berkomitmen selalu siap melayani dan mengabdi kepada masyarakat Kendal dan sekitarnya dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.
Jurnalis: Arvian Maulana
Editor: Sekar S